Kunci Melakukan Renovasi

jasarenovasirumah.net

Merenovasi rumah lebih kompleks dibanding membangun rumah baru. Setiap tahapan renovasi yang dimulai dari membongkar, membersihkan, hingga membangun kembali perlu direncanakan dengan baik agar hasilnya maksimal. Pada saat renovasi, pemilik rumah terkadang juga dihadapkan masalah teknis maupun non-teknis. Agar dapat meminimalisir masalah-masalah tersebut, perhatikan kiat-kiat berikut ini.

1. Tentukan Skala Prioritas

Buat prioritas area mana yang direnovasi terlebih dahulu, terutama jika dana terbatas. Pastikan Anda merenovasi ruang yang benar-benar dibutuhkan, bukan sekedar diinginkan.

2. Buat gambar kerja

Gambar kerja sangat diperlukan dalam proses renovasi. Berbekal gambar kerja, tahapan renovasi dapat dilakukan dengan urut dan tepat. Gambar kerja juga berperan untuk mengontrol penggunaan material dan menghemat waktu.

3. Perhatikan kondisi eksisting

Cari tahu kondisi bangunan sebelum dibongkar. Perhatikan posisi instalasi, seperti pipa air bersih, pipa buangan, dan pipa kabel. Posisi struktur bangunan serta dimensinya juga perlu diketahui. Ini berguna sebagai patokan dalam memulai renovasi.

4. Hitunglah dana yang dibutuhkan

ketika gambar kerja sudah didapat, perkiraan RAB dapat dihitung kemudian. Dengan perhitungan tepat, Anda dapat memilih kebutuhan mana yang dapat ditinggalkan jika terkendala dengan biaya yang melebihi dana.

5. Buat kalender kerja

Rencana memulai dan mengakhiri renovasi perlu dibuat dalam 1 kalender kerja. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui apakah durasi renovasi berada dalam waktu yang tepat atau justru mengganggu rencana kegiatan lain.

6. Pilih tukang yang kompeten

Tukang yang kompeten dan berbiaya mahal lebih baik ketimbang tukang amatir dengan biaya kebih murah. Keterampilan dan kerapian pekerjaan membuat proses renovasi cepat selesai dengan hasil bagus sehingga dikemudian hari tidak muncul masalah baru.

7. Maksimalkan ruang

Pada saat renovasi, pindahkan barang-barang dalam 1 area yang mudah dijangkau. Sediakan 1 tempat untuk menimbun material agar mudah mengontrol. Jika renovasi dilakukan dalam skala besar, sebaiknya cari tempat tinggal sementara yang dekat.

8. Pilih material instan

Jika anda menginginkan renovasi cepat selesai, pilih material instan yang mudah dipasang dan dikerjakan. Semisal semen instan, blok beton, papan gypsum, dan vinyl untuk lantai.

9. Minta izin kepada tetangga

Dalam proses renovasi tentu akan terjadi kebisingan atau polusi akibat proses pekerjaan membangun. Untuk itu, mintalah izin kepada tetangga. Usahakan limbah bangunan tidak mengotori halaman tetangga sehingga proses renovasi terhindar dari gangguan non teknis.

10. Simpan material sisa

Setelah proses renovasi selesai, simpan baik-baik material dan alat bangunan. Bersihkan alat material sebelum disimpan agar tetap awet dan dapat digunakan dikemudian hari. Singkirkan material yang tidak dapat disimpan dalam jangka lama, seperti semen dan cat.

Hubungi jasarenovasirumah.net untuk pekerjaan renovasi rumah atau bangunan lainnya yang profesional sejak 1995 dan terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *