desain 3d

Desain Rumah Klasik Elegan

Fasad bergaya klasik memiliki kelebihan tersendiri, yaitu bersifat abadi, tidak termakan zaman. Gaya klasik membuat tampilannya tampak elegan. Bentuk klasik terlihat pada jendela serta kepala dan kaki kolom balkon. Desain tersebut hadir dalam garis-garis yang lebih sederhana sehingga fasad yang dihasilkan terasa lebih ringan. Kesan ini diperkuat dengan pemilihan warna yang sebenarnya berkesan modern, yaitu abu-abu dan putih.

Tidak hanya bentuk-bentuk klasik semata , prinsip proporsi arsitektur klasik mendapatkan komposisi fasad rumah ini. Gaya klasik tempo dulu dihadirkan melalui ornamen yang merupakan  aplikasi gaya klasik eropa. Warna upholstery merah marun menyesuaikan warna finishing merah tua. sementara itu, warna hijau lumut sebagai panduannya memperkuat karakter gaya klasik tempo dulu.

Nuansa Tropis Mediterania Jawa

Ciri khas bangunan mediterania adalah dominan dengan bentuk bangunan beratap limas dengan kemiringan  rendah (flat roof) dan hampir seluruh dindingnya difinishing alamin dengan batu alam. Sentuhan aksen unik berupa lubang-lubang ornamentasi terlihat pada fasadnya sendiri. Ciri lainnya yang menunjukkan identitas mediterania adalah keberadaan portico dan kanopi yang menaungi bagian teras dan jendela serta munculnya bentuk-bentuk menara yang berfungsi sebagai jalur udara.

Eksotis Tema Etnik Jawa

Gaya etnik memiliki tampilan yang sangat khas, contohnya etnik jawa. Elemen-elemen gaya ini, misalnya bentuk, bahan, warna, corak, dan ornamennya memberikan atmosfer yang hangat, eksotis, terkadang misterius, Gaya etnik jawa ini benar-benar tercermin dalam setiap elemen, partisi, dan pernik-pernik lainnya.

Nuansa Neoklasik

Bentuk ini terlihat dari komposisi elemen yang serba simetris. Konsep ini diimbangi oleh dominasi teritis yang lebar dan deretan jendela untuk sirkulasi udara. Fasadnya didominasi oleh warna putih gading dan cokelat serta dihiasi cladding dengan batu sandstone yang dipadukan dengan batu ukiran pada batu mocca cream serta profil pada lispang.

Modern Kontemporer

Gaya modern kontemporer memiliki langit-langit tinggi, dua kali ketinggian plafon  biasa, dan menggunakan sistem plafon tempel yang mengikuti sistem plafon tempel yang mengikuti kemiringan atap, sehingga ruang dalam berkesan lega. Kesan modern kontemporer tampil secara total melalui pemilihan materi berupa paduan kayu, meta, dan kaca dalam bentuk yang sangat fantastis serta permainan warna yang berani.

Retro Art Deco

Gaya art deco muncul awal tahun 1925. Bentuknya tidak memiliki detail  yang rumit, dan menganut aliran kubisme  dengan bentuk geometris  seperti kubus, lingkaran, segi tiga, garis tegas yang massif, dan simpel. Bahan kayu lapis banyak digunakan  untuk menghasilkan  bentuk lengkung atau melingkar. Paduan bahan lainnya adalah kulit, kaca, serta metal krom. Warna pucat dan netral seperti krem, beige, lime green, emas dan krom digunakan untuk soft furnishing. Beberapa gaya art deco dapat dilihat pada bangunan peninggalan zaman belanda.

American Country

Gaya yang diambil dari gaya pedesaan amerika ini sangat khas, terlihat dari bentuk-bentuk yang dinamis dan natural sehingga jauh dari kesan kaku atau dingin, bentuk lengkung, serta ornamen yang dekoratif.

desain 3d

Desain Rumah Tropis dan Minimalis

Sebagai tempat tinggal, rumah sangat bersifat personal. Karena itu, langkah menyenangkan bila rumah bisa mencerminkan pribadi orang yang tinggal didalamnya.

A. Nuansa Tropis (MODERN)

Fasad yang bergaya tropis modern memiliki elemen-elemen arsitektural khas bangunan dengan ciri bangunan beratap perisai, ukuran bukaan yang semuanya dibuat tinggi hingga mencapai plafon, dan ukuran tritisan atap yang lebar untuk menahan teriknya sinar matahari. Sehingga fasad didesain dengan komposisi dinding masif dan jendela lebar. Bentuk atap bertipe perisai juga memperkuat kesan tropis. Material kayu menjadi unsur yang cukup ditonjolkan, demikian pula batu alam yang menghias sebagian dinding semakin memperjelas kesan tropisnya.

B. Putih Minimalis

Anda penggemar desain rumah minimalis ? Fasad bangunannya harus bisa mencerminkan keminimalisan yang ingin anda ciptakan. Konsep minimalis memang sedang tren sekarang. Prinsip form follow function yang bisa diartikan sebagai bentuk mengikuti fungsi, gaya minimalis memiliki jawaban atas kebutuhan masyarakat moden yang menginginkan desain simpel, bersih, dan praktis.

Perlu diketahui bahwa dalam konsep minimalis harus dibuang segala ornamen dan hiasan-hiasan berlebihan, karena memang tidak perlu. Tampilan desain ini terkesan jujur, apa adanya, dan tidak ribet. Selain itu, hunian yang menganut konsep ini terkesan steril, rapi, dan adem seperti rumah sakit atau kantor.

Fasad sebuah bangunan minimalis biasanya berbentuk boks. Desain rumah boks inilah yang menghadirkan kesan adem dan steril pada konsep hunian minimalis. Untuk menciptakan  kesan hangat dan nyaman, dapat dibuat atap miring pada rumah boks.

Pemilik hunian di lahan yang terbatas umumnya menjumpai kendala saat ingin menampilkan kesan yang lapang atau lega. Namun, dengan merancang fasad sesimpel mungkin kita bisa mendapatkan kesan lebih luas. Eliminasi elemen arsitektural yang bersifat ornamental ditambah pemilihan warna kulit yang mendominasi kulit muka bangunan menjadikan rumah mungil ini terlihat lega dari luar. Dinding gunungan yang menghadap kejalan tidak hanya  memberi efek, tetapi juga menjadi elemen yang mengekspresikan kesan tropis hunian ini. Kisi-kis dan pintu kayu yang mengarah ke taman sengaja ditampilkan untuk memperlunak tampilan fasad yang serba putih dan minimalis.

renovasirumah

Biaya Minimal Hasil Maksimal

Kemampuan menghemat biaya dapat menjadi kunci keberhasilan renovasi atau bangun rumah berbiaya rendah. Ada banyak celah untuk menghemat biaya renovasi atau bangun rumah. Salah satunya dengan pemilihan material murah. Teknologi material bangunan yang terus berkembang turut membantu memberikan banyak alternatif pilihan. Sebagian hadir dengan harga yang lebih tinggi, tetapi praktis serta menghemat tenaga dan waktu. Sebagian lagi hadir dengan harga terjangkau, meski kualitasnya sedikit lebih rendah. Keputusan berada ditangan Anda dalam menentukan jenis material yang akan digunakan. Jika ragu, mintalah bantuan arsitek atau kontraktor yang berpengalaman seperti www.jasarenovasirumah.net untuk memberi referensi. Info material dari brosur atau internet juga cukup membantu.

Sebagai contoh, Material dinding sekarang tidak hanya terbatas pada bata. Selain batako, atau bata merah ada juga bata ringan. Bata ringan memang relatif lebih mahal dari bata. Namun jika ditengok dari sisi pengerjaan, bata ringan hampir 2 kali lipat cepat dipasang dibanding bata. ini tentu dapat menekan biaya tukang.

Contoh lain adalah pelapis lantai berupa vinyl. Vinyl memiliki beragam motif, mulai dari floral hingga kayu. Dibanding parket kayu, lembaran vinyl dengan motif serupa dapat lebih murah hingga 50%. Namun, tingkat keawetan vinyl tidak sebagus parket. Selain itu, masih banyak contoh material alternatif, seperti dak beton cor, semen instan, atap metal lembaran, dan rangka baja atap. Material-material tersebut dapat menghemat waktu karena pemasangannya yang lebih mudah.

Disamping material pengganti, cara menghemat dana dapat dilakukan dengan kreasi finishing. Bata ekspos pada dinding rumah terbukti mampu mengirit dana berupa biaya plester dan acian dinding. Finishing lantai cor  beton juga lebih murah ketimbang lantai keramik. Sebagai pagar, bambu juga lebih murah ketimbang cor beton atau besi tempa.

Diluar material , cara menghemat dana renovasi dilakukan dengan  menentukan waktu renovasi. Waktu yang tepat untuk renovasi skala besar adalah menjelang akhir musin hujan, saat hujan masih turun dengan intensitas kecil. Pada saat tersebut, ketika pasangan bata sedang dikerjakan, ikatan antar bata menjadi lebih kuat karena lembab. Jika terlalu kering, pasangan bata yang baru  dibangun justru mudah retak. ketika pekerjaan atap dimulai maka sudah memasuki musim kemarau. Pekerjaan finishing setelahnya juga tidak terhambat hujan.

Dari sisi tata ruang, menghemat biaya dapat dilakukan dengan mengurangi jumlah sekat antar ruang. Ruang-ruang yang berada di zona publik, seperti ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan dapat didesain dalam satu ruang saja. Meniadakan 1 dinding sama dengan meniadakan pondasi, sloof, bata, ring balk, hingga plester dan cat dinding.

Hubungi kami www.jasarenovasirumah.net untuk melakukan penghematan dalam membangun atau renovasi rumah anda.

Salam sukses

 

sumber : yogi suwandaru & yusuf fathur

jasarenovasirumah.net

Kunci Melakukan Renovasi

Merenovasi rumah lebih kompleks dibanding membangun rumah baru. Setiap tahapan renovasi yang dimulai dari membongkar, membersihkan, hingga membangun kembali perlu direncanakan dengan baik agar hasilnya maksimal. Pada saat renovasi, pemilik rumah terkadang juga dihadapkan masalah teknis maupun non-teknis. Agar dapat meminimalisir masalah-masalah tersebut, perhatikan kiat-kiat berikut ini.

1. Tentukan Skala Prioritas

Buat prioritas area mana yang direnovasi terlebih dahulu, terutama jika dana terbatas. Pastikan Anda merenovasi ruang yang benar-benar dibutuhkan, bukan sekedar diinginkan.

2. Buat gambar kerja

Gambar kerja sangat diperlukan dalam proses renovasi. Berbekal gambar kerja, tahapan renovasi dapat dilakukan dengan urut dan tepat. Gambar kerja juga berperan untuk mengontrol penggunaan material dan menghemat waktu.

3. Perhatikan kondisi eksisting

Cari tahu kondisi bangunan sebelum dibongkar. Perhatikan posisi instalasi, seperti pipa air bersih, pipa buangan, dan pipa kabel. Posisi struktur bangunan serta dimensinya juga perlu diketahui. Ini berguna sebagai patokan dalam memulai renovasi.

4. Hitunglah dana yang dibutuhkan

ketika gambar kerja sudah didapat, perkiraan RAB dapat dihitung kemudian. Dengan perhitungan tepat, Anda dapat memilih kebutuhan mana yang dapat ditinggalkan jika terkendala dengan biaya yang melebihi dana.

5. Buat kalender kerja

Rencana memulai dan mengakhiri renovasi perlu dibuat dalam 1 kalender kerja. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui apakah durasi renovasi berada dalam waktu yang tepat atau justru mengganggu rencana kegiatan lain.

6. Pilih tukang yang kompeten

Tukang yang kompeten dan berbiaya mahal lebih baik ketimbang tukang amatir dengan biaya kebih murah. Keterampilan dan kerapian pekerjaan membuat proses renovasi cepat selesai dengan hasil bagus sehingga dikemudian hari tidak muncul masalah baru.

7. Maksimalkan ruang

Pada saat renovasi, pindahkan barang-barang dalam 1 area yang mudah dijangkau. Sediakan 1 tempat untuk menimbun material agar mudah mengontrol. Jika renovasi dilakukan dalam skala besar, sebaiknya cari tempat tinggal sementara yang dekat.

8. Pilih material instan

Jika anda menginginkan renovasi cepat selesai, pilih material instan yang mudah dipasang dan dikerjakan. Semisal semen instan, blok beton, papan gypsum, dan vinyl untuk lantai.

9. Minta izin kepada tetangga

Dalam proses renovasi tentu akan terjadi kebisingan atau polusi akibat proses pekerjaan membangun. Untuk itu, mintalah izin kepada tetangga. Usahakan limbah bangunan tidak mengotori halaman tetangga sehingga proses renovasi terhindar dari gangguan non teknis.

10. Simpan material sisa

Setelah proses renovasi selesai, simpan baik-baik material dan alat bangunan. Bersihkan alat material sebelum disimpan agar tetap awet dan dapat digunakan dikemudian hari. Singkirkan material yang tidak dapat disimpan dalam jangka lama, seperti semen dan cat.

Hubungi jasarenovasirumah.net untuk pekerjaan renovasi rumah atau bangunan lainnya yang profesional sejak 1995 dan terpercaya.